Ekonomi BisnisPilihan Editor

Kunjungi Bondowoso, Jerry Sambuaga Berharap Kopi Bondowoso Masuk Pasar Internasional

Wakil Menteri Perdagangan Indonesia, Dr. Jerry Sambuaga menyebut bahwa kopi Bondowoso memiliki kualitas yang baik.

Bondowoso.skb.com.Saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bondowoso, Wakil Menteri Perdagangan Indonesia, Dr. Jerry Sambuaga menyebut bahwa kopi Bondowoso memiliki kualitas yang baik. Sehingga dia berharap kopi Bondowoso menjadi produk ekspor potensial.

” Saya tangkap juga dari aspirasi teman-teman bahwa kopi ini bagus. Kualitasnya luar biasa,” paparnya usai bertemu dengan Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin dan Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat, di Pendopo Bupati, Sabtu (05/06/2021).

Menurutnya, komoditas kopi bisa disimpan di Sistem Resi Gudang (SRG). Tujuannya untuk menjual kopi saat harga mulai naik untuk memberikan keuntungan bagi petani.

Selain kopi, terdapat 20 komoditas yang dapat di simpan dalam SRG. Seperti beras, kopi, kakao, jagung, ikan, lada, gambir, bawang merah, gula pasir dan beberapa komoditas lainnya.

” Konsep SRG ini baik untuk bantu petani. Kita simpan barang komoditas petani di dalam gudang yang bisa disimpan 3 sampai 6 bulan,” katanya.

Pria kelahiran Jakarta, 2 Juli 1985 tersebut memaparkan, penyimpanan hasil komoditas di SRG merupakan instrumem tunda jual. Karena jika menjual komoditas pasca panen, maka harga turun dan petani merugi. Makanya, perlu disimpan dulu beberapa bulan untuk kemudian dijual ketika harga naik.

” Jadi dia stok dulu. Simpan dulu. Nanti dia jual pada saat harganya ada kenaikan,” lanjutnya.Pemerintah pusat ingin memastikan seluruh SRG di Indonesia bisa berjalan beriringan. Paling penting adalah, para petani bisa dibantu dengan pemberian pinjaman uang selama barang disimpan di SRG.

” Ini adalah pelaksanaannya di daerah. Makanya kami mohon support dari Pemkab Bondowoso dan Pemprov Jatim untuk mengawal ini semua. Kami dari pusat fasilitasinya,” ungkapnya.(TIM)

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker