HeadlinePilihan EditorWisata dan Kuliner

Kampung Blekok Mulai Berbenah, Menuju 10 Besar ADWI

Kampung Blekok merupakan kawasan konservasi mangrove yang luasnya mencapai 27 hektare. Memiliki pesona alam luar biasa. Dihuni oleh ribuan burung air dari berbagai spesies diantaranya, blekok, kuntul, dan lainnya

Situbondo.skb.com. Kampung Blekok Desa Klatakan Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, terpilih sebagai salah satu nominator Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kampung Blekok merupakan kawasan konservasi mangrove yang luasnya mencapai 27 hektare. Memiliki pesona alam luar biasa. Dihuni oleh ribuan burung air dari berbagai spesies diantaranya, blekok, kuntul, dan lainnya.

Burung-burung ini akan pergi saat matahari terbit dan kembali saat matahari akan terbenam. Tak heran, saat senja, ribuan burung ini akan tampak indah berkumpul di Kampung Blekok.

“Kami akan melakukan beberapa pembenahan, agar Kampung Blekok ini bisa lolos ke babak berikutnya, yakni 10 besar ADWI Kemenparekraf 2021,” kata Bupati Karna Suswandi.saat meninjau Kampung Blekok, Kamis (9/9/2021).

Bupati Situbondo mengaku, Kampung Blekok punya nilai jual tinggi dengan ekowisatanya. Perpaduan konservasi mangrove dengan burung berbagai spesies, salah satunya blekok, menjadi perhatian nasional. Ditambah lagi, ekonomi kreatif warga setempat yang mampu bertahan di tengah pandemi.

“Artinya apa, wisata Kampung Blekok ini terintegrasi dengan aktivitas ekonomi warga sekitar,” ujarnya.

Pantauan skb ada enam desa wisata yang menjadi nominasi ADWI. Di antaranya, Kampung Blekok di Kabupaten Situbondo, Sanankerto di Kabupaten Malang, Kampung Majapahit Bejijong di Kabupaten Mojokerto, Tamansari di Kabupaten Banyuwangi, Ranupani di Kabupaten Lumajang, dan Serang di Kabupaten Blitar.

“Semoga Kampung Blekok bisa lolos 10 besar ADWI. Dan bisa menjadi daya tarik wisatawan ke Situbondo,” pungkasnya.(tim)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker