HeadlinePilihan EditorWisata dan Kuliner

Bupati Situbondo Karna Suswandi Apresiasi Kampung Blekok Masuk Nominasi ADWI Kemenparekraf

Karna Suswandi mengapresiasi terpilihnya Kampung Blekok Desa Klatakan Kecamatan Kendit, sebagai desa wisata yang masuk nominasi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia

Situbondo.skb.com.Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengapresiasi terpilihnya Kampung Blekok Desa Klatakan Kecamatan Kendit, sebagai desa wisata yang masuk nominasi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Bahkan,Pemkab berjanji akan memberikan beberapa fasilitas untuk pengembangan ekowisata di kampung tersebut.”Ekowisata di Kampung Blekok ini perlu pembenahan. Banyak fasilitas pendukung yang harus dibangun,” Kata Bupati Bung Minggu (5/9/2021).

Bupati Situbondo mengemukakan, pengembangan ekowisata di Kampung Blekok ini perlu kerja tim. Tak hanya menjadi pekerjaan Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pariwisata. Sebab aspek penilaian ADWI ada tujuh kategori di antaranya, penilaian desa digital, konten kreatif, daya tarik wisata, homestay, toilet, suvenir, dan penilaian CHSE yang meliputi clean, health, safe, dan environment.

“Semua organisasi perangkat daerah (OPD) harus ambil peran. Karena ini harus dikerjakan bersama-sama, agar ekowisata di Kampung Blekok bisa terwujud,” ujarnya.

Kampung Blekok memang layak dikembangkan menjadi ekowisata.Sebab pengembangannya berbasis lingkungan yang mengutamakan aspek konservasi alam serta pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal. Oleh karenanya, semua unsur baik Pemerintah, komunitas, pengusaha, dan akademisi harus saling menguatkan.

“Kampung Blekok ini kan edukasi dengan mengenal alam. Sebab disana ada konservasi mangrove, burung dengan berbagai spesies salah satunya blekok. Didukung dengan produk ekonomi kreatif masyarakat setempat, yang sudah punya pangsa pasar hingga ke luar negeri,” Ungkap Bupati.

Kampung Blekok merupakan kawasan konservasi mangrove yang saat ini luasnya mencapai 27 hektare. Memiliki pesona alam luar biasa. Dihuni ribuan burung air dari berbagai spesies diantaranya blekok, kuntul dan lainnya. Saat senja tiba, ribuan burung itu tampak indah berkumpul di rerimbunan mangrove.

Saat ini, Kampung Blekok masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Awalnya, ada 1.831 desa wisata di Indonesia yang masuk nominasi ADWI 2021.

Di Jawa Timur sendiri, ada enam Desa wisata yang masuk 50 besar, diantaranya, Kampung Blekok di Kabupaten Situbondo, Sanankerto di Kabupaten Malang, Kampung Majapahit Bejijong di Kabupaten Mojokerto, Tamansari di Kabupaten Banyuwangi, Ranupani di Kabupuaten Lumajang, dan Serang di Kabupaten Lumajang.(tim)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker